Tahukah Anda semakin sering kita mengeluh, maka semakin sering pula kita mengalami hal tersebut. Sebagai contohnya, salah satu teman baik saya selalu mengeluh mengenai pekerjaan dia. Sudah beberapa kali dia pindah kerja dan setiap kali dia bekerja di tempat yang baru, dia selalu mengeluhkan mengenai atasan atau rekan-rekan sekerjanya. Mengeluh adalah hal yang sangat mudah dilakukan dan bagi beberapa orang hal ini menjadi suatu kebiasaan dan parahnya lagi mengeluh menjadi suatu kebanggaan(ajang curhat). Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa kita mengeluh?
Kita mengeluh karena kita kecewa bahwa realitas yang terjadi tidak sesuai dengan harapan kita. Bagaimana kita mengatasi hal ini. Caranya sebenarnya gampang-gampang susah, kita hanya perlu bersyukur. Saya percaya bahwa di balik semua hal yang kita keluhkan PASTI ADA hal yang dapat kita syukuri.
Sebagai ilustrasi, Anda mengeluh dengan pekerjaan Anda. Tahukah Anda berapa banyak jumlah pengangguran yang ada di Indonesia ? Sekarang ini hampir 60% orang pada usia kerja produktif tidak bekerja, jadi bersyukurlah Anda masih memiliki pekerjaan dan penghasilan. Bersyukurlah lebih banyak dan percayalah hidup Anda akan lebih mudah dan keberuntungan senantiasa selalu bersama Anda, karena Anda dapat melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan Anda karena Anda terlalu sibuk mengeluh.
Try it now:
1. Bersyukurlah atas pekerjaan Anda, kesehatan Anda, keluarga Anda atau apapun yang dapat Anda syukuri.
2. Jangan mengeluh bila Anda menghadapi kesulitan tetapi lakukanlah hal berikut ini. Tutuplah mata Anda, tarik nafas panjang, tahan sebentar dan kemudian hembuskan pelan-pelan dari mulut Anda, buka mata Anda, tersenyumlah dan pikirkanlah bahwa suatu saat nanti Anda akan bersyukur atas semua yang terjadi pada saat ini.

Ini adalah penelitian tentang orang yang selalu mengeluh dan orang yang selalu bersyukur. Orang yang selalu mengeluh, dalam segala hal dia selalu mengeluh, tidak pernah puas dan selalu berpikir negatif terhadap orang lain. Apapun dia keluhkan, kondisi baik dia mengeluh, kondisi buruk dia mengeluh, tiada hari tanpa mengeluh; tidak pernah puas atas apa yang didapat dan diraihnya, dapat sedikit mengeluh, dapat banyak mengeluh; pikirannya selalu negatif terhadap orang lain, curiga, berprasangka, cemburu, iri, dengki, suka marah, rasa tidak suka terhadap orang. Dapat dilihat orang seperti ini adalah orang yang hanya mementingkan keselamatan diri sendiri, mau menang sendiri dan egois. Akibat dari sikapnya yang selalu seperti itu, hidupnya tidaklah tenang dan tidak ada damai sejahtera dalam dirinya, tidak ada rasa aman dan tidak pernah merasa nyaman. Orang seperti ini sering sekali stres, mengalami frustrasi dan depresi. Perubahan fisik yang paling terlihat adalah dari wajahnya, wajahnya terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya dan berakibat orang ini mati muda.

Orang yang selalu bersyukur, dia mensyukuri dalam segala hal. Apapun yang dia hadapi selalu dia syukuri dan dia selalu tersenyum. Hidupnya penuh dengan tawa dan senyuman karena tak henti-hentinya dia mengucap syukur atas apa yang dia dapat dan dia raih. Kondisi baik dia bersyukur, kondisi buruk dia bersyukur, dapat berkat sekecil apapun dia bersyukur, apapun dia lakukan dengan sukacita. Hal yang menarik adalah wajahnya terlihat muda walau umurnya sudah tua. Jadi teman-teman yang terkasih, manakah yang kalian pilih?. Semua dimulai dari diri kita sendiri: pilihan ada padamu. Itu saja!

33 komentar:

~Srex~ mengatakan...

Ada beberapa temanku, juga berapa saudaraku, yg kalo kita ketemu, pembicaraan melulu ttg keluhan2 mereka, ntah soal penyakit2 nya yg gak jelas, pekerjaanya,dll...dan mereka smua membosankan! Jadi malas mau ketemuan lg, gak ada rs optimis, suram dan muram doang.

Anonim mengatakan...

dua sudut pandang yang sangat berbeda, alangkah indahnya jika melihat kawan-kawan dan sodara selalu dalam keadaan yang cerah ceria...

Anonim mengatakan...

Itulah sifat manusia...selalu merasa kurang dan kurang...hingga yang keluar dari hati dan fikiran hanya keluhan tanpa rasa bersyukur...

makasih sudah mampir keblogku yahh...senang berkenalan..

None mengatakan...

aduh bermanfaat bgd ni,,buat instrokspeksi diri,,hehehehehh,,,untung aja ku suka senyum,jadi awet muda,,wkwkwkwkwk,,
nanrseeeeeeeeeeessssssss,,makasih yah ,,,lam kenal !

Arju Ashari Risandika mengatakan...

mengeluh tu tak ada gunanya,mending jalani aja apa adanya,rencana tuhan indah pada saatnya

babigoblook mengatakan...

mengeluh itu lebih kejam daripada ga ngeluh...

hehehehe

blogwalking..

salam kenal..
kita tuker2an link yuk?
keknya asik tuh..

~Srex~ mengatakan...

Mas, gmn suasana hatinya?
Kalo udah lega.,posting lagi dong...artikel 'pencerahan'nya..,tak enteni yo...

nitalanaf mengatakan...

Wow, sambitan yg mantap untuk sy.. Kdg sy jg srg mengeluh (kdg ataw srg..?? Y dua2ny d.. Biasanya sih mslh kerjaan.. Klo udh bgn mndgn curhat sm temen ataw sodara, biar ada pencerahan lg..

Pengangguran Menulis Mimpi mengatakan...

Jujur, klo bersyukur kita terus dapat gantinya lho, nah klo masalah "ngeluh" sih sah2 aja, asal ngeluhnya waktu disuruh kerja yg ga bener, atau bohong, maupun hal lain yang merugikan orang, soalnya mending nganggur daripada bikin dosa, berjamaah lagi

bunda mengatakan...

ditegaskan Allah dalam firman-Nya: Innal insaana khuliqa halu’a idza massahussarru jazu’a waidza masahulkhairu manu’a (QS 70 : 19) "sesungguhnya manusia itu diciptakan dalam keadaan keluh kesah dan kikir".
sisi kelemahan manusia ini kemudian diseimbangkan Allah dengan diberi akal agar digunakan untuk berpikir positif dan membuat perubahan yg sesuai dgn kehendakNya bukan untuk digunakan merusak dan perbuatan negatif yg merugikan orang lain

btw nyambung ga sih?

~Srex~ mengatakan...

Kangen aku dg blog ini....apa kabar?

itha q narciz abiz mengatakan...

mengeLUh tuH jg b0leh kok,yg pnting qt tau k0ndisi jg,ak jg sring mengeluh. . .mengeluh bisa jg buat intropeksi diri lh0. . .

Acan mengatakan...

info yang bermanfaat news maker

sinopsis mengatakan...

sinopsis sinetron, film, dan drama sinopsis

Ayu Tri mengatakan...

terkadang hidup mang ga selalu sesuai dengan keinginan kita, kita maunya begini dapetny begitu, tapi sebenarnya itu ujian, bisa ga kita lalui itu klu bisa InsyaAllah kita dapat yang lebih dari apa yang pernah kita inginkan..

intinya syukuri saja apa yang telah di beri tanpa perlu mengeluh tapi harus tetap berusaha..

terima kasih loh tulisannya, bagus bgt...

salam kenal...

~Srex~ mengatakan...

Kira2 masih bisa bangun dari mati suri nggak ya blog ini?

annosmile mengatakan...

kapan update nih
halo...

Program kasir mengatakan...

Jangan pernah kita mengeluh, selagi kita bisa mencari jalan keluar.
Dan terus lah kita bersyukur agar selalu di berikan yang terbaik oleh nya.

sewa mobil di bali mengatakan...

thanks to infonya...terkadang hidup mang ga selalu sesuai dengan keinginan kita, kita maunya begini dapetny begitu, tapi sebenarnya itu ujian, bisa ga kita lalui itu klu bisa InsyaAllah kita dapat yang lebih dari apa yang pernah kita inginkan..

Anonim mengatakan...

betul bgt, sy percaya semua kehidupan Qta jk ingin baik, hrs di awali dgn pikiran dan perasaan yg positif.. :D
lama bgt, rupanya aQ g mampir y... eheh
salam blogging :D

Anonim mengatakan...

saya share ya di tumblr.com

Anonim mengatakan...

dan karena itu sy percaya, bhwa semua hrs dijalani dgk sikap dan fikiran yg positif.. amin.

Sewa Mobil Bandung mengatakan...

artikel yang sangat menggugah banget,, syukur adalah pengundang nikmat , bila kita tau bersyukur maka nikmat itu akan bertambah. namun bila kita suka mengeluh, walaupn gunung bisa di rubah jadi emas namun hati manusaia takkan merasa puas,,,

sarung mobil mengatakan...

nice story and nice share gan...manusia tidak luput dari mengeluh dan bersyukur...

obat herbal asam urat mengatakan...

Syujuri yang ada, berikan yang terbaik pada setiap pekerjaan, hehe bagus sekali tulisannya, bermanfaat. terimakasih

Obat Kanker Otak mengatakan...

bersyukurlah

obat herbal asam urat mengatakan...

Selamat siang , terima kasih atas infonya

obat herbal asam urat mengatakan...

thanks untuk infonya :)

obat herbal wasir mengatakan...

terima kasih untuk infonya . ^^

obat herbal gangguan fungsi hati mengatakan...

sebuah pelajaran yang bermanfaat

Obat tumor payudara yang paling ampuh mengatakan...

Saya setuju sekali tuan http://aziginanjardjaya.obatradisional.info/2014/06/obat-tumor-payudara-yang-paling-ampuh/

obat batu empedu alami mengatakan...

sangat menarik sekali :)

obat tradisional jantung bocor pada anak mengatakan...

cara alami meredakan nyeri sendi
pengobatan herbal gejala darah tinggi
Obat Herbal Menyembuhkan Penyakit Hepatitis A pada Anak

promo untuk pembelian obat herbal jelly gamat gold-g
obat untuk mengatasi sumsum tulang keropos
obat alami sariawan pada bayi dan anak balita
obat herbal nyeri dada pada anak
obat alami mengatasi tukak lambung pada anak dan dewasa
obat alami luka jahitan pasca melahirkan
obat tradisional infeksi telinga tengah pada anak
obat tradisional hepatitis C
cara meredakan batuk kering secara alami
pengobatan pengapuran sendi lutut
cara tradisional atasi nyeri tulang belikat

Posting Komentar

U comment I Follow, thanks

 
[ Back To TOP ]