Orang Jepang memelihara pohon yang lazim disebut Bonsai, pohon ini indah dan dibentuk dengan sempurna walaupun tingginya hanya dalam hitungan sentimeter.
Di California ditemukan pohon raksasa hutan yang bernama Sequoia. Salah satu pohon raksasa ini diberi nama Jenderal Sherman dengan ketinggian mencapai 90 meter seakan menembus langit dan lingkar batang hingga 26 meter. Pohon raksasa ini begitu hebat sehingga jika ditebang akan menghasilkan kayu bangunan yang cukup untuk membuat 35 buah rumah dengan lima kamar.

Pada saat berbentuk biji Bonsai dan Jenderal Sherman berukuran sama kecil, masing2 beratnya kurang dari satu milligram. Setelah keduanya dewasa terjadi perbedaan ukuran yang luar biasa dan kelihatan seperti peristiwa yang sederhana saja, tetapi kisah dibalik perbedaan ukuran itu mengandung pelajaran dalam kehidupan manusia. Ketika pohon Bonsai mulai menyembulkan tunasnya di muka bumi, orang Jepang mencabutnya dari tanah dan mengikat pokok akar dan sebagian cabang akarnya dengan demikian secara sengaja menghambat pertumbuhannya. Hasilnya adalah sebatang pohon mini yang indah tetapi tetaplah mini.

Biji Jenderal Sherman jatuh ke tanah California yang subur dan mendapat gizi dari mineral, air hujan dan sinar matahari, hasilnya adalah sebuah pohon raksasa.
Baik Bonsai maupun Jenderal Sherman tidak punya pilihan dalam menentukan nasibnya. Tidak demikian dengan manusia, anda punya hak untuk menentukan nasib, anda bisa jadi besar atau jadi kecil sebagaimana yang anda kehendaki. Anda bisa jadi Bonsai atau Jenderal Sherman.

Citra diri anda dan cara anda memandang diri sendiri akan menentukan akan menjadi apa anda kelak.

Untuk itu anda punya pilihan
src:cetivasi@yahoogroups.com

10 komentar:

Mama Hilda mengatakan...

betul, semuanya tergantung usaha dari kita, tetapi tetap ada campur tangan tuhan dalam setiap sisi usaha kita, karena itulah, iman kita diuji..karena kadang usaha maksimal untuk menjadi manusia besar tetapi ada suatu hal yang tiba-tiba menghambat usaha kita. meskipun begitu kita tidak boleh lelah untuk terus berusaha...nice posting

srex aswinto mengatakan...

Yah begitulah yg namanya hidup mas....pohon memamg gak punya otak, makanya mereka mau aja di perlakukan begitu oleh manusia...
Kalo kita kembalikan ke kehidupan kita sendiri, jangan mau jadi orang bodoh...akan jadi makanan empuk orang yang pintar, yang pake otak!
Pohon sequoia itu nasibnya baik...tapi coba kalo kita merunut sejarah pembukaan lahan di amerika serikat dengan imigran2 nya yang membuka hutan2 untuk pemukiman dan lahan pertanian...ngeri mas...dah ribuan dan jutaan teman2nya yang di tebang habis...dia selamat karena berada di wilayah suaka alam...jadi ada undang2 ketat yang melestarikannya.
Kalo di Indonesia...malah hebat lagi...suaka alam malah di jarah habis pohon2nya...di palak entek2 an...karena memang pohonnya besar2 dan kayu nya bagus2...Saya pengin liat itu cukong2 yang menjarah hutan2 kita di pantek mulutnya pake batang kayu yg mereka jarah!

MATA HATI mengatakan...

iya ya....
salam kenal

Humorbendol mengatakan...

Hidup adalah pilihan. Kita yang merencanakan, tapi tetep Tuhan yang menentukan.
Bener juga kata Mama Hilda. Iman kita harus tetap terjaga.

Blog Cantik mengatakan...

Bonsai dan Sequoia memiliki arti penting yang berbeda. Begitupun manusia, berhak menentukan peran, tinggal bagaimana dia memainkan hidupnya..!
Btw, dapat template keren darimana?

ADMIN mengatakan...

@blog cantik : dapet template dari http://btemplates.com/

@srex aswinto : top komentator,thanks

obat sesak dada mengatakan...

Janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari

obat jantung bocor alami

obat sakit pinggang ibu hamil mengatakan...

Salah satu hal tersulit dalam hidup adalah tetap menjadi dirimu sendiri ketika semua orang berusaha mengubahmu menjadi orang lain.


harga produk herbal alami gold-g

obat penyakit flek paru anak mengatakan...

Kerja keras memastikan anda berjalan dengan penuh tenaga, kerja cerdas memastikan anda bekerja dengan cara-cara yang tepat.

obat asma anak dan dewasa

obat kista ovarium tanpa operasi mengatakan...

Tidak semua kerja keras berhasil sampai pada tujuan, Tapi tak ada sesuatu yang besar yang bisa di capai tanpa melalui kerja keras.

Posting Komentar

U comment I Follow, thanks

 
[ Back To TOP ]